Arsip Blog

Slider

5/random/slider

Label

Advertisement

Main Ad

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Facebook

3 Jurus Jitu Mencintai Diri Sendiri

Posting Komentar




Semua orang pasti ingin bahagia, tapi tidak semua menyadari kalau kebahagiaan selalu diawali dengan mulai mencintai diri sendiri (self love). Saat kita mulai mencintai diri sendiri, artinya kebahagiaan kita tidak lagi tergantung pada penilaian orang lain dan bisa sepenuhnya menjadi diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kita miliki.

Psikolog Neff & Dahm berkata bahwa self love berarti memperlakukan diri dengan kebaikan, perhatian dan dukungan yang sama yang akan kita tunjukkan pada orang lain. Ketika menghadapi kegagalan atau kesalahan, orang yang memiliki self love yang baik tidak akan bersikap terlalu keras terhadap dirinya atau merasa dirinya tak berguna. Self love yang sehat akan membentuk seseorang menjadi orang yang pemaaf, penuh keikhlasan juga penuh optimisme. Sekalipun kehidupan yang sedang dijalaninya sedang tidak baik-baik saja, dan apa yang ingin ia gapai menemui kegagalan.

Bagi saya sendiri banyak cara yang bisa saya lakukan untuk mempraktekkan teori self love ini. Tapi ada tiga (3) jurus utama yang sampai sekarang saya praktekkan. Beberapa cara mempraktekkan self love atau mencintai diri sendiri yang biasa saya lakukan antara lain adalah :
1.    Melihat diri saya dengan segala kelebihan
Seseorang belum mencintai dirinya jika masih melihat kekurangan dalam dirinya. Oleh karena itu cara pertama saya mencintai diri saya sendiri adalah dengan fokus terhadap kelebihan yang saya miliki dan melupakan sejenak kekurangan yang ada dalam diri saya.

2.    Selalu Bersyukur
Bersyukur kepada Allah SWT merupakan hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Dalam keadaan susah ataupun senang, umat muslim harus tetap bersyukur kepada Allah SWT. Bersyukur adalah suatu perbuatan yang bertujuan untuk berterima kasih atas segala kenikmatan yang telah Allah berikan. Lawan dari syukur sendiri adalah kufur nikmat, yaitu sifat enggan untuk menyadari atau bahkan mengingkari bahwa nikmat yang telah didapatkan adalah dari Allah SWT.

Banyak cara yang bisa saya lakukan sebagai bentuk bersyukur kepada Allah SWT. Misalnya dengan menjaga apapun yang sudah dikaruniakan kepada saya termasuk juga menjaga tubuh saya tanpa harus merubahnya dengan alasan apapun.

3.    Berfikir Positif
Berpikir positif memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Terutama ketika sedang tertimpa suatu masalah. Selalu berpikir positif membuat saya melihat segala hal penuh dengan harapan.

Harapan ibarat support system dalam kehidupan saya. Oleh sebab itu berfikir positif juga bisa membuat saya  selalu bisa menjalani kehidupan saya dengan optimis. Ketika memiliki rasa optimis, saya selalu merasa bahwa diri saya mampu melakukan semua hal yang ingin saya gapai.

Sebenarnya masih banyak hal dan cara yang bisa untuk dilakukan dalam mencintai diri sendiri. Tapi saya sarankan coba terlebih dahulu tiga (3) jurus jitu yang barusan saya ceritakan. Dan ingat juga tidak perlu melakukan hal khusus yang merepotkan untuk membuktikan bahwa kita mencintai diri kita sendiri.

Berawal dari mencintai diri sendiri dengan baik, membuat kita menjadi pribadi yang lebih rendah hati dalam menilai orang lain. Kita bisa mulai mencintai diri sendiri dengan berbagai cara dan kebiasaan sehat sesuai dengan cara kita masing-masing. Kita yang lebih tau bahwa mencintai diri sendiri membuat kita selalu hidup bahagia.

Mari bertukar cerita tentang bagaimana kalian mencintai diri kalian sendiri.
Yuk tulis ceritamu dikolom komentar, aku tunggu ya…

Fitra juwita
Memastikan bahwa kalian mengenal aku melalui tulisan dan sebaliknya.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email