Arsip Blog

Slider

5/random/slider

Label

Advertisement

Main Ad

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Facebook

Menggosok gigi, jamin masa depan anak

19 komentar

    Waktu menunjukkan pukul 00.05 dini hari, waktu yang cukup hening jika ingin melanjutkan kembali membangun puzzle-puzzle mimpi yang baru saja direnggut alarm. Keliatan bo'ong banget gak sih sebenernya kalo saya bilang, bangun tidur saya tu gak liat hp. Widih...widih....ada yang memble tu..^-^. 

Iya deh saya ngaku. Benda yang pertama yang saya liat ya hp. Sengaja bangun waktu midnight gini sebab kebetulan ceritanya saya tu salah beli paketan kuota, dari pada mubazir jadi saya tetap usahakan menggunakan kuota malam ini untuk menulis sesuatu yang bermanfaat.


   Taukah yang terjadi? saya membeli 30 GB kuota malam hanya karena salah klik. Sebenernya saya ngaku salah, karena saya membeli paket kuotanya itu pas baru melek dari tidur, entah karena terbangun atau sengaja bangun, saya lupa.

Satu hal yang saya ambil hikmahnya dari kejadian itu adalah, "jangan mengambil keputusan dengan segera ketika dua bola mata kita baru melek dari tidur". Sekalipun itu keputusan yang sangat sepele sekalipun. 


Oke, stop sampek sini aja ya hikmahnya. 

lah kok gitu ?"

Iya stop dulu kita bahas tentang melek, sebab nanti kalo dilanjutin saya gak jadi nulis tentang sesuatu yang judulnya kayak diatas (BACA DIATAS ). 

Oke Lanjut....


Siapa disini yang rajin banget gosok gigi sebelum tidur? 

" Saya!! Saya!!Saya!!"

Boom#...teriakan teman teman.

Tapi, wait tunggu deh, tidak jarang pula saya sering denger suara berbisik yang mengatakan, "Aku kadang nggak gosok gigi karena ketiduran". 

Heleh, itu mah dasar kaliannya aja yang nggak disiplin.

Kalo saya sih, lebih tepatnya bukan sebelum tidur ya, tapi selepas isya'.

begini, selepas sholat isya' berjamaah dengan si kecil, rutinitas yang saya lakukan adalah mendongeng dan mengantar tidur si kecil. Nah, sebelum naik ketempat tidur saya membiasakan si kecil untuk pipis dan menggosok gigi.  Ketika kebiasaan itu saya terapkan pada si kecil, sesuatu yang pasti terjadi pada saya adalah saya juga harus ikut serta menggosok gigi didepan si kecil, dengan begitu dia akan melakukan hal yang sama persis seperti yang ada dihadapannya. Itulah sebabnya saya katakan, bahwa saya lebih sering menggosok gigi selepas isya'. 

     Sebenernya apa sih manfaat dari menggosok gigi sebelum tidur, karena tak bisa disangkal tidak sedikit yang menyepelekan dan akhirnya menyesal diusia remaja bahkan usia dewasa. Yuk saya bantu jelasin dibawah ini :




ü  Membangun displin pada anak 

Sikat gigi sebelum tidur merupakan sebuah kebiasaan baik yang harus diterapkan setiap hari dan setiap malam hari. Pernah mendengar tentang hubungan antara perilaku dan sikap. Sikap yang baik akan mengantarkan pada prilaku yang baik dan ini berlaku pada hukum sikat gigi. Perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sebaiknya dilakukan sejak usia dini, masa yang paling tepat untuk menanamkan nilai-nilai guna membentuk perilaku positif.


ü  Mengurangi Bau Mulut di Padi Hari

 Pada saat bangun pagi akan menjadi lebih segar jika menggosok gigi dibandingkan ketika malamnya tidak menggosok gigi. Hal ini disebabkan karena dengan menggosok gigi maka bakteri yang berada pada mulut yang dapat menyebabkan bau mulut menjadi lebih sedikit jika dibandingkan ketika says tidak menggosok gigi pada malam hari.


ü  Mencegah Gigi Berlubang

Menggosok gigi sebelum tidur sangat membantu dalam mencegah gigi berlubang. Hal ini membantu mengurangi penumpukan karang gigi dan plak. Plak merupakan faktor utama yang menyebabkan gigi berlubang. Plak gigi adalah suatu zat lengket yang menempel pada permukaan gigi. Plak merupakan kombinasi dari bakteri, air liur, asam, dan sisa makanan.

Saat si kecil mengonsumsi makanan atau minuman manis dan tidak membersihkannya secara tepat, sisa makanan maupun minuman tersebut dapat bertumpuk dan menempel di permukaan gigi. Bakteri yang terdapat di dalam rongga mulut membantu mengubah sisa gula tersebut menjadi asam.

Plak akan terbentuk di permukaan gigi, segera setelah si kecil makan maupun minum. Perlahan namun pasti, asam yang terdapat di dalam plak akan mengikis permukaan terluar gigi (enamel). Jika tidak rutin menggosok gigi maka plak tetap akan menempel di gigi dan terus mengikis permukaan gigi hingga berlubang dan menyebabkan nyeri serta mengganggu aktivitas sehari-hari.

   

ü  Menjadi Pintar

Ketika malas menggosok gigi. maka salah satu bagian yang akan sakit adalah gusi. Penyakit gusi ternyata dapat menyebabkan fungsi kognitif lebih rendah. 
Tim peneliti dari Rutgers University di New Brunswick, New Jersey, saat ini mengamati hubungan antara kesehatan mulut terutama gusi dengan kesehatan otak. Sebuah bukti menunjukkan adanya keterkaitan antara kesehatan mulut dengan penurunan kemampuan kognitif. Ketika masalah gigi dapat merusak kemampuan kognitif berarti hal ini memiliki risiko besar bagi kemampuan seorang anak dalam berpikir, seperti memori dan fungsi eksekutif. Sementara itu, sebuah penelitian di China menunjukkan ada kaitan faktor-faktor tidak menggosok gigi di masa lampau menyebabkan seseorang memiliki masalah gusi dan berpotensi seseorag tersebut berkinerja buruk dalam menyelesaikan tugas. Jadi bisa saya simpulkan bahwa seseorang yang menggosok gigi akan terhindar dari resiko-resiko masalah kesehatan otak, ketika kesehatan otak terjaga maka kemungkinan untu menjadi seseorang yang pintar dan cerdas bisa diusahakan.

ü   Perjanjian Sakral

 Apakah hanya saya yang merasa bahwa ketika telah menggosok gigi selepas isya', itu berarti saya baru saja mengikrarkan sebuah janji. Janji yang saya ikat dengan batin, hati dan mata saya. Sebab begini, meskipun saya menggosok gigi selepas isya' bukan berarti setelah itu saya berangkat tidur. Memang benar saya pergi berangkat ke tempat tidur, tapi untuk mengantar si kecil tidur meskipun kadang juga ikut kelabasan tidur, tapi itu cerita lain.  

Terkadang setelah mengantar si kecil tidur, saya masih beraktivitas dalam beberapa kegiatan entah itu urusan dapur atau yang lainnya yang kadang membuat saya masih sering tergoda untuk ngemil dan sejenisnya. Bukan hal yang mudah menahan godaan untuk ngemil ini, meskipun say sudah menggosok gigi selepas isya', terlebih lagi saya bukan tipe yang memusingkan berat badan, olh karena itu pada malam hari saya justru bisa menggosok gigi sampai 2-3 kali akibat berulang kali ngemil dan makan setelah menggosok gigi. Sesuatu yang mengganjal saat ngemil adalah saya seperti harus segera bertobat yaitu tobatnya dengan cara gosok gigi segera setelah ngemil. Hehehe....



   Membahas tentang kebiasaan melakukan aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan masa depan tidak akan pernah habis sepertinya. Jadi harapan saya semoga, apapun yang menjadi kebiasaan baik didalam rumah kita sebaiknya berusahalah untuk konsisten menjalankannya, seperti halnya menggosok gigi. Menggosok gigi sebelum tidur atau pada malam hari merupakan bekal masa depan yang kelak akan membawa si kecil pada sesuatu yang menguntungkan. 

        Saya sebagai orangtua merasa sudah terlambat jika saya memulai rajin menggosok gigi sekarang. Efeknya tidak akan terlalu berpengaruh pada cita-cita saya seperti ketika sewaktu remaja. Saat ini saya bukan lagi  anak-anak, sudah saya lalui masa-masa dimana saya harus merasakan sakit gigi berkepanjangan dan tidak bisa mewujudkan impian kecil untuk bisa masuk disebuah perguruan tinggi negeri akibat gigi yang tidak lagi utuh pada masa remaja. Harapan besar saya hal semacam itu tidak terjadi pada si kecil,juga bagi kalian. Berangkat dari pengalaman saya pribadi, saya bisa menyimpulkan bahwa menggosok gigi sebelum tidur menjamin masa depan si kecil kelak. Percayalah....!!


    The last, saya ingin memberi nasehat utuh secara umum "Sebagai orang tua lakukanlah pemantauan mengenai cara menggosokt gigi yang baik dan benar, frekuensi menyikat gigi dan cara memilih kebutuhan perlengkapan menggosok gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut si kecil setiap hari. Semoga cemerlangnya gigi si kecil sama cemerlangnya dengan kilauan masa depannya kelak. Amiin.

Sekian , Terima kasih telah membaca, silahkan tinggalkan saran dan komentar yang membangun dibawah ya
😊



Fitra juwita
Memastikan bahwa kalian mengenal aku melalui tulisan dan sebaliknya.

Related Posts

19 komentar

  1. Betul banget nih Mbak, menggosok gigi sebelum tidur sangat penting, bahkan untuk masa depan kita dan anak-anak. Karena penyakit gigi yang saat ini kita rasakan bisa terjadi karena tidak rajin gosok gigi sebelum tidur sejak lama. Jadi efeknya panjang.

    Kalau saya sih hanya bisa menyesali saja, kenapa sejak kecil tidak rajin menggosok gigi sebelum tidur. Namun jangan sampai terjadi deh pada anak-anak kita. Jadi sebagai orangtua kita harus mengajarkan cara menggosok gigi yang benar kepada anak-anak dan pastikan hal ini dilakukan secara rutin setiap hari, supaya menjasi kebiasaan yang baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata kita mirip ya mbak, lumayan menyesal juga.kenaoa dulu harus banyak alasan dan harus banyak drama ketika disuruh orangtua sikat gigi. Hemm.. saya jadi memaknai bahwa sesuatu yang diajarkan oleh orangtua itu sebenarnya untuk masa depan kita(anaknya). Sikat gigi anak-anaknya mbak sundari pake merk apa ni mbak? Hehe. ...

      Hapus
  2. Ada scene yang sama dengan malam-malam saya, Mbak. Saya juga menyikat gigi kalau malam bisa 2-3 kali. Karena pas ada kerjaan nulis yang harus diselesaikan malam hari, otomatis saya bakalan ngemil biar mata melek dan pascangemil pasti langsung gosok gigi lagi. Alhamdulillah, anak saya (Dzaky, 3 tahun), juga saya biasakan gosok gigi sebelum tidur, Mbak. Orang tua harus memberikan contoh karena anak peniru ulung. Yups, kebiasaan menggosok gigi itu besar sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..toss dulu yok mb tentng ngemilnya.bicara tentang ngemil suka nyetok cemilan apa mbak?
      tambahan untuk si kecil yang usia 3th. Apakah sudah berani pakai pasta gigi dewasa?maksudnya sudah berani yang rasa pedes belum? Pengen denger pengalamannya 😘

      Hapus
  3. Mmg penting mengajarkan pentingnya gosok gigi k anak2 y mb..dirmh ada wastafel persis didepan KM. Tp aku ya hrs olah vokal bilang k anak2 scr trs menerus.klu yg no 1 udh mapan.yg no 2 msh suka nylimur2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa apa mbak.tetap semangat dan konsisten sampai si adek bisa mandiri tnpa disuruh. cayooo mb...

      Hapus
  4. Makasih mba Fitra, penting banget ini buat aku yang belum ada aanak
    usia segini aja aku sedih juga hahahaa kenapa dulu nngak rajin gosok gigi dan kurangi makanan manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita kita sama mbak...hiks .kalo inget jdi nyesel ya kenapa ngeless sama mama dulu.😥

      Hapus
  5. Alhamdhulilaj sejak kecil dibiasakan sikat gigi sebelum tidur jadi kebiasaan itu aku turunkan ke anak2. Rasanya klo ga sikat gigi sebelum tidur malah gimana gtu ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren sekali mom, semoga kelak anak-anak mudah mencapai cita-citanya ya mom, amiin....:)

      Hapus
  6. Setuju mba..mengajarkan disiplin pada anak sejak dini adalah penting sekali ya. Mudah2an bisa menjadi salah satu kunci sukses anak2 kelak..

    BalasHapus
  7. Aku termasuk yang kadang lupa ���� berasa ditampol sama Mbak Fitra nih... Dan baru tahu kalo ada hubungannya antara gusi dengan kemampuan kognitif.

    Makasih Mbak, InsyaAllah akan berusaha disiplin.

    BalasHapus
  8. Anakku lagi rajin-rajinnya gosok gigi, Mbak, tapi pas pagi dan sore selepas mandi. Giliran mau tidur masih susah banget. Masih angot-angotan. Yah, pelan-pelan, semoga makin lama makin paham nantinya.

    BalasHapus
  9. Aku dulu sering banget ketiduran sblm gosok gigi (ih jorok bgt yak). Kalo skrg udah tobat karena masih punya anak kicik yang harus dikasih contoh buat gosok gigi sebelum tidur (kadang dia yang ngingetin kalo musti sikat gigi sih. LOL)

    BalasHapus
  10. Anakku kelas 2 SD sudah aku kasih sikat gigi dewasa, eh ternyata salah. Harusnya masih pakai sikat gigi anak-anak

    BalasHapus
  11. Pengalamanku dulu waktu anak-anak masih kecil ngajak anak gosok gigi sebelum tidur akan gampang karena sikat giginya harus yang lucu-lucu.

    BalasHapus
  12. Wah baru tahu ya, kalau kesehatan gigi juga bisa berhubungan dengan fungsi kognitif. Terima kasih ya, ini hal baru untukku.

    BalasHapus
  13. Anakku ki ki l angel banget disuruh gisok gigi sebelum tidur. Katanya minum air putih aja gitu terus

    BalasHapus
  14. Kayaknya hal sepele loh gosok gigi itu. Tapi efek jangka panjangnya kerasa banget. Gigi sehat dan enggak rapuh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email