Arsip Blog

Slider

5/random/slider

Label

Advertisement

Main Ad

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Facebook

Harapan Perubahan Diri AFTER COVID-19

19 komentar




Masih lekat dalam ingatan saat itu, 34 hari yang lalu tepat 15 Maret 2020. Pemerintah memberikan arahan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut serta dalam pemutusan rantai penyebaran covid-19 dengan melakukan sosial distancing salah satunya berdiam diri dirumah. Tidak pernah dibayangkan sebelumnya, bahwa hal itu benar-benar terjadi pada negara ini, dalam keadaan kami yang berbahagia, bersiap menyambut bulan suci Ramadhan yang kirag dari 100 hari kedepan akan tiba , dan dalam haru yang mendalam sebab saya sendiri tengah menantikan hari dimana saya akan melaksanakan sidang akhir Tesis, Wabah ini menyebar.

Saat itu rasa optimisme dan egoisme yang kuat menari gemulai dalam diri ini. Saya berharap bahwa wabah ini akan segera berakhir dalam waktu dekat, dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, dalam hitungan tepat 14 hari tidak lebih  Perlahan namun pasti saya mencoba patuh akan arahan pemerintah tersebut, hari demi hari saya lalui dengan sabar hingga berita mengejutkan menerobos masuk ketelinga saya, kenaikan kasus dan jumlah kematian yang meningkat terus bertambah. Tidak salah lagi, pupus sudah  impian saya untuk melaksanakan ujian tatap muka pada tanggal yang ditentukan, meskipun ada kebijakan ujian daring, tapi hal itu tetap menjadi sesuatu yang mengagetkan bagi saya, dan teman-teman lainnya tentu saja.

Hari berganti, hari ujian itupun tiba, Alhamdulillah sudah lulus, sudah terlewati, tapi aturan sosial distancing masih terus bejalan.

Bulan berganti, Bulan rajab bulan kemuliaan sudah kami masuki, tapi aturan sosial distancing masih terus mengiringi.

Sudah satu bulan lebihnya ternyata saya berdiam diri dirumah, keluar sebentar hanya untuk keperluan mendesak, hanya untuk membeli kebutuhan makan dan minum. Perpanjangan waktu untuk sosial distancing masih berlanjut. Menurut surat edaran pemerintah mengatakan bahwa peraturan ini berlaku hingga 29 Mei 2020, dan ini masih tanggal 19 April 2020.

Sejenak saya berfikir, apa yang akan saya lakukan lagi selama berdiam diri dirumah. Ada perasaan sedikit bosan dalam hati saya, sudah ingin keluar, tapi ini tidak baik. Bersabarlah sebentar.lagi, “cetusku dalam hati”.

Baru-baru ini saya mulai aktif menulis kembali dihalaman blog milik saya, bisa dikatakan hal ini seperti benar-benar BELAJAR DI RUMAH,banyak hal-hal baru yang saya tekuni dan lakukan. Sempat bergumam dalam hati mungkinkah selama saya dirumah aja, ada sesuatu yang sebenarnya telah saya hasilkan, sembari menunggu ketika wabah covid-19 ini berakhir dan saya bisa bebas keluar rumah lagi.

Saya yakin banyak hal baik yang telah dilakukan selama berdiam diri dirumah aja sehingga AFTER COVID-19 ini berakhir saya akan segera merasakan perubahan apa yang telah terjadi pada diri ini, yang bisa jadi tak sadar telah bertransformasi pada sebuah ketidak biasaan menjadi kebiasaan yang berlangsung lama, semoga saja lebih banyak hal baik dibanding  hal buruknya.

AFTER COVID-19 mau ngapain aja, mau kemana aja, mau makan apa, adalah tema yang banyak ditulis teman-teman dimedia sosial mereka masing-masing. Tentu saya juga merasakan ingin melakukan sesuatu yang sudah lama tertahankan, begitu juga teman-teman semua diluar sana dan juga kalian kan? ingin sekali merealisasikan sesuatu yang diidam-idamkan selepas ini, atau ingin mewujudkan rencana yang telah lama tertunda.

Tapi, kali ini saya akan menuliskan hal berbeda. Ketika yang lain menuliskan keinginan dan harapan yang akan dilakukan, saya kan menuliskan harapan perubahan yang akan terjadi pada diri saya AFTER COVID-19 berakhir. Harapan ini seperti melayang-layang diatas kepala saya, menemani saya selama melewati hari-hari dirumah aja. Apakah after covid-19 berakhir kelak saya akan keluar rumah dengan perbedaan kemajuan yang membanggakan, akankah saya mendapati diri ini telah berhasil menghasilkan sebuah hal yang bermanfaat? atau apa? apa?
(menggerutu dalam hati….#%$#&#&)

Aha….sepertinya saya menemukan sesuatu yang menarik dengan ide membuat judul dengan tema “Harapan Perubahan Diri AFTER COVID-19 .
Apakah kalian punya pemikiran yang sama dengan saya?
Oke, oke… Kalian bisa coba ikut membayangkan dan menyimpannya dalam hati terlebih dahulu ya, dan coba intip harapan perubahannmu ada dinomor berapa nih?

Oiya, mungkin dibawah daftar harapan ini kalian akan banyak menemukan angka 75, sangat sering bahkan. Kenapa kok begitu? Sebab 75 adalah lamanya hari kita berdiam diri dirumah terhitung tanggal 16 Maret 2020 hingga 29 Mei 2020 berdasarkan surat edaran ke-1, ke-2, dan ke-3 dari pemerintah yang sudah diterbitkan. Oleh karena itu analisis target-target yang saya perhitungkan untuk semua harapan saya saling terkait tentunya dengan hitungan 75 hari lamanya saya berdiam dirumah aja.
Gimana sampai sini masuk akal? oke kalo gitu....

Let's go....Let's Read !!!

AFTER COVID-19 berakhir, saya berharap saya akan keluar rumah dalam keadaan…”

1.    Telah khatam membaca alqur’an sebanyak 3 kali
(dengan target 75 hari dibagi 3 = 25 hari. Setiap 25 hari khatam 1 kali)

2.    Telah mampu menghafal alquran Juz 30(juz amma)
(dengan target waktu rebahan selama 8-10 jam sehari dipakai untuk mengahafal surat pendek ditambah waktu selepas sholat)

3.  Telah mencoba memasak dengan total menu masakan sebanyak 75 menu masakan
(dengan target 1 hari 1 menu baru)

4.    Telah menyelesaikan menulis artikel sebanyak 75 buah
(dengan target setiap pagi konsisten membuat artikel seiring dengan hidupnya pendengaran kita akan berita dipagi hari)

5.    Telah mampu menuliskan /mengarang puisi sebanyak 75 buah
(dengan target setiap sore hari konsisten membuat beberapa bait puisi)

6.    Telah berhasil menciptakan quotes (kata kata motivasi) sebanyak 75 buah
(dengan target setiap malam hari konsisten membuat beberapa baris kalimat motivasi)

7.   Telah khatam membaca buku sebanyak 11 judul dengan berbagai jenis dan genre buku
(dengan target oneweekonebook)

8.    Telah menyelesaikan bahan untuk 3 judul konten youtube
(dengan target estimasi waktu setiap 25 hari mampu membuat 1 judul konten)

9.    Telah berhasil merangkum beberapa ilmu statistik spss kedalam satu buku
(sebab sampai sekarang agak ribet karena tiap butuh haruf bukak buku besar)

10.Telah berhasil mengajari dan mendampingi anak menulis a-z (6.240 huruf)
(dengan target anak menuliskan masing masing huruf 2 halaman  sebanyak 240 kotak x (dikali) 26 huruf berarti kita berhasil mengajari anak  menulis sebanyak 6.240 huruf selama 75 hari)

11.Telah berhasil mengajari dan mendampingi anak menulis angka 1-20 (2.400 angka)
(dengan target tiap angka dituliskan  pada halaman yang berisis 120 kotak tersedia, berarti kita berhasil mengajari anak menulis dengan jumlah angka sebanyak 2.400 angka selama 75 hari)

12.Telah berhasil mengajari dan mendampingi anak menuliskan namanya sendiri beserta usia, nama sekolah dan hobi.
(dengan target kita telah mengajari anak merangkai huruf)

13. Telah berhasil mengajari anak membaca 1 paragraf pada salah satu halaman dibuku miliknya tanpa dieja
(dengan target minimal, jika bisa lebih Alhamdulillah)

14. Telah berhasil mendampingi anak ujian kenaikan jilid qiroaty
(dengan target setiap hari setoran bacaan kepada ustadzah )

15. Telah berhasil mengajari dan mendampingi anak menghafal do’a- do’a harian
(dengan target anak membacanya setiap hari ketika hafalan dan ketika berhadapan langsung dengan kegiatan yang akan dilakukan

16. Telah berhasil mengajari dan mendampingi anak mengahafalkan Rukun Islam
(dengan target terus mengulang-ulangnya setiap mau tidur)

17. Telah berhasil mengajari dan mendampingi anak menghafal Rukun Iman
(dengan target terus mengulang-ulangnya setiap pagi)

18. Telah berhasil mengajari dan mendampingi anak menghafal niat sholat fardhu (dengan target mengulang-ulang sebanyak 5 kali dalam sehari)

19. Telah berhasil mengajari anak menghafal jumlah roka’at pada 5 waktu sholat
(dengan target mencoba mengetes ingatannya setelah selesai sholat)

20. Telah berhasil mengajari anak menghafal  3 surat pendek utama
(dengan target terus membaca surat pendek tersebut dalam sholat 5 waktunya)

21. Telah berhasil mengajari anak menuliskan beberapa huruf hijaiyah
(dengan target konsisten meluangkan waktu untuk mengajarinya dengan menuliskannya terlebih dahulu dipapan tulis)

22. Telah berhasil mengajari anak mencuci piring
(dengan target alat makan yang ia gunakan harus dicuci oleh diriya sendiri)

23.  Telah berhasil mengajari anak menyampul buku
(dengan target mengajari anak cara mengukur sampulnya terlebih dahulu)

24. Telah berhasil membereskan sudut dapur yang jarang terjamah untuk dibersihkan (itung-itung persiapan pindahan)

25. Telah berhasil merapikan barang-barang yang jarang terpakai untuk dikemas kembali
(kadang saat melakukan ini kita tau kalo kita punya barang yang udah karatan, pecah atau bolong tapi tetep disimpen)

26. Telah berhasil membungkus satu persatu buku dengan plastik dan menyusun serta memisahkan buku untuk dikemas
(sebab target setelah lulus wisuda saya mungkin akan kembali kekampung halaman)

27. Telah berhasil menulis 100 lembar surat lamaran
(dengan target minimal sehari menulis 2 lembar surat)

28. Telah berhasil memperbaiki CV sekaligus mentranslatenya kedalam bahasa inggris
(sebab kali terakhir menuliskan CV tahun 2013 itupun dalam bahasa Indonesia belum pernah bahasa inggris)

29. Telah berhasil mempersiapkan 100 eksemplar berkas lamaran
(dengan target beberapa hari digunakan untuk menscan, beberapa hari memfotocopy, print dan beberapa hari yang lain digunakan untuk menyusun dalam 1 bendel)

30. Telah mencatat 100 alamat tujuan surat lamaran beserta amplop yang telah ditempel diujung kanan
(dengan target 10 hari digunakan untuk mencatat, sisa hari lainnya digunakan untuk print dan menempel)

Amiin….Amiin Ya Rabb… semoga harapan-harapan ini bisa menjadi sebuah realisasi yang nyata terjadi pada diri ini AFTER COVID-19 berakhir, semoga hal-hal baik ini juga  mampu membawa diri pada sebuah kebaikan dan kebermanfaatan yang berkah, dan hal ini juga bisa berlaku untuk kalian semua.

“Sebab Sebaik-Baiknya Hasil Adalah Yang Diusahakan, dan  Sebaik-Baiknya Usaha Adalah Yang Dipersiapkan “.

Tetap semangat dan teruslah berharap karena kita semua punya waktu yang sama untuk berubah serta berbahagia. ^_^

Yuuk…tuliskan cerita dan harapanmu dikolom komentar ya
“AFTER COVID-19 berakhir, saya berharap saya akan keluar rumah dalam keadaan…”









                                                                            
                                                                                               














Fitra juwita
Memastikan bahwa kalian mengenal aku melalui tulisan dan sebaliknya.

Related Posts

19 komentar

  1. Mengingatkanku. Apa yang sudah aku lakukan selama pandemi ini apa aja. Sudah melakukan hal positif blm. Terima kasih mb @⁨Fitra megingatkan aku😬👍👍tulisannya bagus ngena ďi aku banget

    BalasHapus
  2. Terima kasih, tulisannya mengingatkan perjuangan mengajar di rumah saja, semoga anak didik ku tetap setia berada di rumah dan belajar walau hanya via virtual aamiin, semoga harap setelah pandemik ini bisa Allah ijabah, kebiasaan bersih, suka bercocok tanam dan semua hal positif tetap terjaga dan menjaga aamiin, keren tulisannya sangat berkesan, masya Allah Tabarakallah semoga selalu dalam kesehatan sekeluarga aamiin

    BalasHapus
  3. Selama di rumah aja, Alhamdulillah sudah ada beberapa target yang selesai dilakukan. Salah satunya, saya yang awalnya masak dengan menu itu-itu aja, sekarang sudah ada beberapa menu baru yang bisa disajikan untuk keluarga. Harapannya, semoga target yang belum dan sedang dijalankan segera rampung. Setelah pandemi ini berlalu, kita bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi. Aamiin.

    Terima kasih tulisannya, Mbak. Saya pribadi merasa diingatkan kembali bahwa di rumah aja kita bisa tetap bisa melakukan hal-hal produktif. 😊

    BalasHapus
  4. Ini yang berkali-kali ayah bilang dari awal mula adanya instruksi #dirumahaja, "waktu libur panjang itu manfaatkan buat mengeksplore banyak hal, percuma kalau cuma males malesan". Dan Alhamdulillah banyak hal positif teernyata terlepas dari banyaknya hal negatif. Beres-beres rumah, ngerapiin halaman, menanam bunga, buat masker sendiri, bantuin ayah buat kolam ikan, dan yg pasti bisa lebih dekat dengan keluarga, terimakasih mbakk tulisan ini membuat saya lebih bersyukur dan semangat

    BalasHapus
  5. Aamiin... semoga harapannya terkabul, Kak. Terima kasih sudah menginspirasi. 🤗🤗🤗

    BalasHapus
  6. Pandemi yang berlangsung tidak membuat kerja libhr total. Namun jam shift yang berbeda dari biasanya. Tidak ada yang berbeda hanya saja lebib bisa mengatur pola tidur.
    Namun saya mendapatkan banyak hikmah dari wabah ini. Bahwasanya dari sini jatidir manusia memprrlihatkan wujud aslinya ; ada yang seenaknya menaikan harga harga, ada yang berbaik hati membagikan masker gratis , da yang memberi bantuan pangan dll. Terlepas dari itu, ujian ini adalah sarana untuk bermuhasabah diri. Bahwasanya segala yang kita punyai hanyalah bersifat sementara dan pada akhirnya semua akan menemui kefanaan.

    BalasHapus
  7. Subhanallah Alhamdulillah. Bagus sekali harapan dan rancangannya. Semoga bisa terwujud ya aamiin

    BalasHapus
  8. Ya Allah... Baca Al-Qur'an aku masih sering keteter mbak. Baca postingan njenengan jadi cesss, harus lebih rajin lagi urusan ibadah ini..dibanding yang lain...

    BalasHapus
  9. Mantap nih targetnya banyak, keren, semoga konsisten dan berhasil ya, semangat terus produktif

    BalasHapus
  10. Salah satu yang dilakukan anak saya selama 'di rumah aja' juga menghafal juz amma, Mbak. Tiap sore meskipun hanya beberapa menit, dia selalu menghafal. Saya sih bersyukur aja karena tempo hari dia sudah mengeluh bosan banget kelamaan di rumah, kangen teman-teman, kangen makan di luar dan lain-lain, hehe.

    Semangat buat Mbak Fitra, semoga targetnya bisa tercapai yaa :).

    BalasHapus
  11. Wow keren sekali targetnya! Semoga after covid19 ini kita semua lulus dari sekolah di rumah menjadi pribadi2 yg lebih baik. Aamiin..

    BalasHapus
  12. Aku jg pingin nih mb bisa khatam Al-Qur'an pokoke lbh kenceng ibadah nya Krn covid ini. Usia jg makin bertambah klu bs jg ibadahnya makin meningkat y

    BalasHapus
  13. Masyaallah targetnya keren2 lho mbak semoga tercapai semuanya ya. Aku juga pengen manfaatin masa² ni untuk perbanyak hafalan quran

    BalasHapus
  14. Setelah badai ini berlalu, saya mau keluar rumah dalam keadaan sehat jasmani dan rohani bersama anak, keluarga, saudara dan tetangga tetangga saya yang baiknya seperti saudara.

    BalasHapus
  15. MasyaAllah Mba Fitra ini keren sangat, terukur banget goalnya dan InsyaAllah hari2 kita di rumah jadi lebih berfaedah yaa

    BalasHapus
  16. Masya Allah targetnya banyak bangeeeet, semoga semuanya terwujud ya. Apalagi kayaknya physical distancing ini bakal mundur sampai Juni atau Juli. SEmoga diberikan kesehatan agar bisa melaksanakan semua target yang jadi harapan Fitra

    BalasHapus
  17. MasyaAllah.. targetnya Mbak Fitra ����
    Semoga tercapai ya Mbak.. sehat selalu dan corona cepat berlalu. Aamiin..

    BalasHapus
  18. Mbak, target yang no 2 super sekali. Saya masih belum istiqomah dalam target itu. APalagi masih pengen banyak aktivitas dunia lainnya. Hiks sedih. Sukses dan semangat mbak

    BalasHapus
  19. Luar biasa nih targetnya banyak sekali. Semoga bisa banyak yang tercapai ya setelah pandemi corona ini berlalu.

    Kalau aku sih pengin keluar rumah dan melihat keluarga serta tetangga sehat semua tak ada yang terkena corona sama sekali.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email