Arsip Blog

Slider

5/random/slider

Label

Advertisement

Main Ad

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Facebook

Hobi Yang Menyenangkan dan Menghasilkan Bagi Mahasiswa

1 komentar
Mahasiswa senantiasa hidup berdampingan dengan tugas kuliah. Menjadi mahasiswa berarti harus siap dengan segala rupa tugas yang diberikan oleh dosen. Tugas yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswanya terkadang tidak senantiasa serupa, mahasiswa satu dengan yang lainnya terkadang memiliki tema tugas yang berbeda. Tidak jarang pula untuk menyelesaikan tugas tersebut mahasiswa perlu mencari referensi yang banyak dan beragam.

Berbicara tentang referensi untuk tugas kuliah, tidak semua referensi bisa didapatkan melalui internet kadang kala untuk menyimpulkan secara kuat sebuah argumen didalam tugas tersebut dibutuhkan sumber atau referensi yang berasal dari buku. Besarnya kebutuhan beberapa mahasiswa akan buku membuat saya terjun langsung dan menawarkan buku-buku yang mungkin mereka butuhkan. Status saya sebagai seorang mahasiswa membut saya dapat bergerak bebas dikampus dan lingkungan sekitar kampus.

Kebetulan hobi saya adalah bertemu banyak orang dan mengunjungi toko buku serta mengoleksi buku. Hobi untuk mengunjungi toko buku dan mengambil peran pekerjaan sampingan sebagai penjual buku ini sebenarnya sudah saya tekuni sejak saya berstatus mahasiwa D3 dan saat itu saya juga tinggal diasrama, anak asrama dimana tempat saya tinggal cenderung memiliki kebiasaan malas keluar asrama untuk hanya sekedar mengunjungi toko buku. Kemudian pada saat saya melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi di Kota Semarang saya kebetulan memiliki teman yang beraneka ragam jauh 5 kali lipat dibandingkan teman-teman diasrama yang kebetulan memiliki jurusan yang sama didalamnya. 

Berangkat dari hobi inilah saya akhirnya terjun sebebas-bebasnya dan menikmati hobi saya berkeliling toko buku, bertemu banyak orang, mengenal distributor buku dan survei gudang buku, dan akhirnya semakin lama hobi yang menghasilkan. Hasil pendapatan yang saya peroleh dari penjualan buku ini tersebut saya gunakan untuk menambah kebutuhan sehari-hari saya selama kuliah. Lalu siapa saja sasaran buku yang saya jual ini?
"Tidak hanya mahasiswa semester berjalan, mahasiswa yang berstatus sebagai mahasiswa semester ujungpun tak luput dari sasaran saya". Hihihi....

Mungkin dari kalian banyak yang bertanya, gimana sih hobi mengunjungi toko buku bisa membawa saya memiliki penghasilan tambahan dan justru menjadi  hobi yang menyenangkan? yuk..simak poin poin penting dibawah ini. 

1. Faham Tentang Isi Buku




sumber : duniabelajarsiswapintar52.blogspot.com

   Semakin sering saya mengunjungi toko buku, maka semakin banyak pula ingatan yang melekat didalam kepala saya tentang warna sampul, bentuk cover, ukuran, daftar isi dan judul buku yang tentunya berbeda-beda. Tidak hanya satu atau dua buku yang mengalami penambahan BAB dan evaluasi, tapi juga dari tahun ke tahun, bahkan dalam satu tahunpun sebuah buku bisa mengalami pembaharuan 2 (dua) kali. Oleh sebab itu lah semakin sering kita terpapar buku maka semakin faham kita tentang pebedaan buku satu dengan yang lainnya. Modal utama ini saya gunakan ketika para pelanggan buku saya bertanya tentang pembaruan sebuah buku yang mereka butuhkan. Nah, seringnya saya mengunjungi toko buku yang kebetulan menjadi kebiasaan dan hobi inilah yang membuat saya dapat menjelaskan kelebihan dan kekurangan sebuah buku dengan Judul yang sama sehingga kadangkala saya bisa menjual kedua buku tersebut  bersamaan (edisi lama dan edisis pembaruan) yang tentunya membuat pendapatan saya bertambah karena penjualan dua buku sekaligus.

2. Mendapat Diskon


sumber : mamikos.com

  Hubungan antara saya dengan pemilik toko buku merupakan hubungan simbiosis mutualisme, para pemilik toko buku sering kali menawarkan harga diskon kepada saya sangking seringnya saya mengunjungi toko buku mereka. Potongan harga yang mereka berikan kepada saya bisa menjadi tabungan kecil saya untuk memutar kembali roda modal penjualan buku saya dikampus. selain itu potongan harga tersebut yang mereka berikan kepada saya membuat saya bisa menjual harga buku tersebut dengan harga barcode yang tertera tanpa harus saya menarik urat leher saya lebih keras ketika menawarkan harga tersebut kepada mereka. Kemudian ketika mereka mendengar harga yang saya tawarkan hal tersebut seperti memberikan ruang segar kepada mereka sebab selain mereka tidak perlu mengeluarkan ongkos bensin, atau biaya ongkir, buku yang mereka butuhkan sudah bisa sampai ditangan meraka dengan selamat dan tanpa perlu menunggu lama. 

3. Mempunyai contac person sales distributor dari masing masing penerbit.

sumber : pngimage.com

    Tidak mudah memang menjalani pekerjaan sampingan yang tentunya harus menguras energi, waktu dan bensin motor saya, Seringkali ketika saya berkunjung ketoko buku, buku yang dipesan oleh teman-teman kampus tidak tersedia disana, sekalipun sudah saya coba berkeliling ketoko buku lainnya, tapi tetap nihil hasilnya. Nah.... kalian tau nggak, apakah hal ini justru mengecewakan  bagi saya ? Jawaban saya adalah "tidak sama sekali". Sebab dari kejadian itulah saya jadi bisa mendapatkan nomor telepon sales distribustor buku yang saya butuhkan tersebut. Siapakah yang memberikan ? "Ya pemilik toko buku lah". Beberapa pemilik toko buku disana sering memberikan saya kartu nama sales penerbitan buku dengan alasan mereka tidak bisa memenuhi pesanan buku saya dalam waktu dekat mungkin bisa ditambah lagi rasa empati mereka kepada saya sebagai penjual buku dikampus. 

Dan.....Tarra...... Ketika saya sudah memiliki nomor telepon sales dari sebuah penerbit buku cetak berarti saya sudah menemukan jalan emas, dimana saya dapat lebih mudah menanyakan ketersediaan buku yang jumlahnya tentu lebih banyak sehingga saya tidak perlu khawatir jika buku yang dipesan oleh teman-teman dikampus beragam jenisnya, judulnya terlebih lagi jika buku tersebut mengalami lonjakan pesanan lebih banyak. 


Uwuwuwu....!!!!!!
Gimana sampai sini, apakah kalian bisa membayangkan gimana asyik-nya mempunyai hobi mengunjungi toko buku? ternyata tidak hanya uang yang bisa saya dapatkan, tapi hubungan baik dengan teman-teman dikampus, dan interaksi sosial kita dengan para pemilik toko, dan para sales distributor buku tersebut mengantarakan saya pada sebuah hal yang jauh lebih bernilai dan  bermanfaat tapi juga menyenangkan. 

Jadi, Hobi kalian apa nih...?
Cerita yuk...



Fitra juwita
Memastikan bahwa kalian mengenal aku melalui tulisan dan sebaliknya.

Related Posts

1 komentar

  1. luar biasa memang bunda ni, dari hobi dan menghasilakn dn nambah jaringan, semoga nnti terus bisa meluas ya mba :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email