Arsip Blog

Slider

5/random/slider

Label

Advertisement

Main Ad

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Facebook

Ingin sehat? Jauhkan ini dari dapur anda !!!

Posting Komentar
    




     Kesibukan saya sebagai seorang mahasiswa sekaligus sebagai ibu, mengharuskan saya tetap disiplin dalam mengolah langsung menu keluarga. Seringkali saya sebagai ibu harus memutar otak bagaimana caranya menyiapkan menu sehat dirumah. Menu sehat yang saya maksudkan adalah menu yang tersaji dengan pilihan bahan mentah yang kita olah sendiri, dibeli hari ini, dimasak hari ini.

     Pertanyaan yang sering muncul adalah, "apakah tidak repot?" . Tentu repot. tapi bukankah ketika sakit justru lebih repot?. nah iya juga kan .." Oleh karena itu untuk tetap disiplin menyajikan menu sehat untuk keluarga hindarilah untuk menyimpan atau men-stok bahan makanan yang sekiranya bisa masuk dalam kategori siap saji . Apa aja ya bahan yang harus kita hindari yang  dimaksudkan diatas?

1. MIE INSTAN


    Mie instan , siapa yang tidak pernah mendengar kata ini, tentu sering sekali. Mie instan disinyalir mengandung bahan bahan yang tidak sehat untuk dikonsumsi jangka lama. Terutama kalau anda adalah salah satu yang punya riwayat menderita sakit maag kronis. Ketika mie instan masuk kedalam pencernaan, perlu waktu 4 hari untuk mencapai kolon oleh sebab itu para pakar kesehatan pernah menyarankan untuk membatasi dalam 1 minggu sekali konsumsi. Dan saya sendiri menyarankan untuk diri saya dan juga anda hindari untuk menyimpan mie instan, karena dengan tidak menyimpan sudah mendorong diri kita untuk mengkonsumsi makanan sehat lainnya.


2. FROZEN FOOD


     Frozen , maaf ini bukan iklan film animasi yang lagi hits di telinga anak-anak ya, ini adalah sebuah kata yang sudah mewakili bebeerapa istilah beku-bekuan yang sering tersusun rapi difreezer anda. Contohnya adalah : nugget, sosis, bakso, dan sejenisnya.  Frozen food menjadi pilihan praktis bagi siapa saja yang menginginkan makanan siap saji. Meskipun hemat waktu dalam menyajikan, nutrisi yang terkandung didalamnya ternyata tidak sehat. Makanan beku ini dikatakan tidak sehat sebab dapat memicu masalh serius. Mengapa demikian? sebab makanan beku mengandung minyak kelapa sawit yang terhidrogenasi yang memiliki lemak trans berbahaya. Ditambah lagi pengawetnya yang berupa pati, sirup jagung tercatat sebagai karsinogenik, dan yang sangat perlu dicatat kandungan natriumnya sangat tinggi lo...
Oke, mulai bulan depan, EH*** Mulai minggu depan ya, Hindari menyimpan bahan makanan ini ya. Pastikan freezer anda bersih dari berbagai jenis makanan beku.

3.  MSG

     
     MSG yang memiliki nama kimia monosodium glutamat atau lebih dikenal istilah micin adalah penyedap rasa yang hampir selalu ada didapur para ibu tidak bisa dipungkiri anda juga.  Meski makanan menjadi lebih lezat setelah ditaburi MSG, namun para pakar kesehatan memperingatkan bahaya mengkonsumsi MSG terutama bagi anak. dilansir pada halaman mayoclinic.org mengonsumsi MSG dapat menimbulkan masalha kesehatan seperti : sakit kepala, keringat berlebih, tekanan darah yang cenderung tidak stabil, kulit wajah yang kering dan kaku, nyeri dada, mual, pertambahan berat badan yang sulit terkontrol atau sering disebut obesitas dan yang terakhir kemandulan. Hemm, mengeriikan sekali bukan. 
Yuk ah, kalo memang mau sehat harus bener bener steril dapur kita dari MSG, eh iya apakah royco dan masako juga termasuk MSG. "jawabannya adalah iya" 

4. KERUPUK


    kriuk kriuk, suara renyah ini tidak lain berasal dari sebuah makanan bernama ..Yups... kerupuk. Kerupuk dinobatkan sebagai salah satu makanan pendamping yang sering dikonsumsi rakyat indonesia. Tidak hanya itu, seringkali kerupuk dimakan langsung sebagai cemilan. Apakah saya dan anda salah satu pecinta kerupuk? hanya kita yang tau. Para ahli gizi menyimpulkan dalam sebuah penelitian bahwa kandungan berbahaya yang terdapat dalam  kerupuk salah satunya yaitu kandungan lilin yang justru membuat kerupuk memiliki penampilan lebih jernih dan renyah ketika dikonsumsi. Tapi mungkin tidak semua kerupuk mengandung zat berbahaya ini. Tapi mari kita lirik efek kesehatan yang muncul jika mengkonsumsi kerupuk bagi kesehatan :
- Resiko obesitas, Kerupuk kaya akan kandungan kalori dan lemak oleh sebab itu memicu kegemukan.
- Tekanan darah tinggi, Kandungan natrium, taburan garam serata tambahan penyedap lain yang membuat gurih inilah yang memicu kenaikan tekanan darah
- Gagal ginjal, Kerupuk yang kita konsumsi akan masuk kedalam organ pencernaan, kandungan polyvinyl chloride didalam kerupuk tidak hanya merusak hati tapi juga ginjal
- Kanker, Zat pewarna dalam kerupuk seringkali bukan berasal dari pewarna makanan yang aman, seba pembuat kerupuk sering menekan biaya produksi dengan menggunakan zat pearna tekstil hal ini lah yang memicu kanker dalam tubuh.


      Gimana menurut kalian, adakah yang merasa sulit untuk menjauhkan hal-hal tersebut dari dapur anda. Saya pun begitu,TIPS SEHAT dari saya jika anda ingin sehat dan ingin mengubah pola hidup anda mulailah dengan menghindari makanan yang saya sebutkan tadi, anda bisa memulainya dengan  tidak membeli, tidak menggunakan, dan tidak menyimpannya didapur anda. 
Semoga tips kali ini bermanfaat untuk kita semua. 
Sampai jumpa dengan tips and trik sehat say selanjutnya. see u....!



Fitra juwita
Memastikan bahwa kalian mengenal aku melalui tulisan dan sebaliknya.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email