Arsip Blog

Slider

5/random/slider

Label

Advertisement

Main Ad

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Facebook

Preparing for Traveling

Posting Komentar



April 2018, Kali pertama kakiku meninggalkan Indonesia. Yuups.. The First time….
This is very exited for me.
Ini kali pertama saya pergi ke luar negeri bersama teman-teman kampus menggunakan jasa agent travel. Ya bisa di bilang permata pengalamanku soalnya budget yang dipersiapkan juga sangat sangat wow. Sebenernya bisa dihemat kalo pergi ala ala backpacker . Sayangnya nggak mungkin apalag ada emak-emak yang gak bisa diajak rempong. Penentuan tanggal keberangkatan sempet maju mundur karena salah satu tempat tujuan kami yang kebetulan merupakan salah satu universitas besar di Malaysia menkonfirmasi jadwal penerimaan proposal kedatangan kami yang semula ditanggal 24 April berubah  menjadi 20 April. Wah itu artinya maju kan ya?

Apa efek paling besar yang terjadi? Kerugian besar yang mengancam. Sebab yang pertama hotel bookingan pihak agent terpaksa harus dibatalkan dan dana yang masuk tidak bisa ditarik kembali, dan kami diberi kompensasi untuk tidak perlu menambah biaya tapi harus terpaksa menerima keadaan apa adanya. Sudah bisa ditebakkan hotel seperti apa yang disediakan oleh mereka?
Bersyukur sajalah, sebab waktu kami juga bakal habis dijalan dan jalan-jalan bukan rebahan di kamar hotel.

Yess…. Preparing for Traveling. Jadwal keberangkatan yang maju dari jadwal membuat saya agak khawatir. Sebab bisa dikatakan persiapan keberangkatan saya baru 30%. Sesuatu yang menjadi kebiasaan sebelum pergi traveling adalah mempersiapkan kebutuhan pribadi. Hal ini menjadi sangat krusial sebab kebutuhan ini akan menjadi penolong saya ketika saya mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Traveling kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Rute perjalanan kami adalah Indonesia-Malaysia-Singapore-Indonesia. Perjalanan kami diagendakan berlangsung selama 4 hari dengan tujuan yang cukup banyak dalam waktu yang sangat padat.

Saat itu yang ada dalam fikiran saya adalah bagaimana saya harus tetap sehat selama melakukan traveling keluar negeri ini. Soalnya sayang banget kalo sampek sakit, dan terpaksa istirahat di hotel. Iya kan? Nah beberapa hari sebelum keberangkatan, saya justru tidak pergi kemana-mana lagi. Saya justru sangat fokus membuat checklist barang-barang yang wajib masuk duluan kedalam koper. Soalnya kalo mepet-mepet pasti lupa. Yakin deh. Udah  hafal banget saya sama kebiasaan buruk saya sendiri.

Persiapan kebutuhan pribadi yang wajib dipersiapkan itu antara lain :
1.    Obat Pribadi
Obat pribadi adalah hal dasar yang harus ada didalam tas bawaan saya. Maklum saya menderita beberapa keluhan di kepala, hidung dan juga lambung. Banyak banget kan keluhannya.
-       Aludonna, adalah salah satu obat maag yang saya bawa. Saya sangat ketergantungan dengan obat maag yang satu ini, sebab saya menderita maag kronis yang apabila jadwal makan saya bergeser sedikit maka akan kambuh. Sayangnya tidak semua merk obat cocok di saya, di daerah tempat tinggal saya saja hanya apotik tertentu yang menjual dengan merk ini, apalagi di luar negeri.
-       Lansoprazol, adalah salah satu obat kombinasi ketika maag yang kambuh bertambah sakit dan menimbulkan nyeri hebat yang akan membuat saya tergeletak. Oleh karena itu obat ini juga selalu harus saya bawa berdampingan dengan obat maag.
-       Cendroxytrol tetes, adalah obat mata tetes yang sebenernya jarang saya gunakan.  Hanya saja beberapa keluhan mata yang saya rasakan saat terlalu sering terpapar udara luar akan mereda ketika menggunakan tetes mata ini.
-       Counterpain, merupakan salep pegal otot yang akan sangat membantu ketika malam hari menjelang tidur saya oleskan dibagian tubuh yang pegal. Ketika itu saya yakin bahwa perjalanan kami akan sangat memakan energi banyak karena berjalan kaki sepanjang rute rute terdekat
-       Pharmaton Formula, adalah tablet salut selaput yang sekaligus berfungsi sebagai multivitamin tenaga yang akan membantu dalam pengembalian metabolisme energi. Saya sempat bertanya kepada teman-teman yang kebetulan tinggal di sana, bahwa obat ini mudah ditemukan. Hmm… dari pada dari pada lebih baik tetep bawa dari Indonesia ah.

2.    Charger Kepala Tiga
Merupakan barang elektronik yang wajib dibawa. Ketika ponsel saya kehabisan daya maka untuk menancapkan kabel handphone ke sumber listrik kita harus menggunakan charger kepala tiga ini dulu. Karena jenis colokan listrik diluar negeri berbeda bentuk dengan yang ada di Indonesia.

3.    Sendal Jepit
Ini adalah malaikat penolong kita. Setelah seharian penuh menggunakan sepatu kesana kemari, rasa lega dan nyaman akan kita dapatkan setelah kita melepaskan sepatu kita dan menggantinya dengan sandal jepit. Sandal jepit ini sangat membantu kita juga ketika hotel yang kita tempati tidak menyediakan alas kaki.

4.    TOP UP pulsa
Ada yang pernah lalai untuk hal yang satu ini?  Iya benar banget top up pulsa yang kita lakukan bertujuan untuk membeli paket roaming. Saat sudah tiba diluar negeri kita tidak akan bisa melakukan komunikasi dengan siapapun yang ada di Indonesia tanpa menggunakan paket roaming. Nah, untuk menghindari lupa maka dari jauh-jauh hari saya sudah melakukan top up pulsa tapi belum saya aktifkan pembelian paket roamingnya. Menurut teman-teman yang sudah pernah ke sana mereka menyarankan untuuk membeli paket roaming sesaat sebelum lepas landas dari Bandara International Indonesia. Katanya sih biar bisa maksimal penggunakan batas waktunya. Gitu sih..tapi setelah saya coba bener banget lebih maksimal.


Itulah tadi daftar kebutuhan pribadi yang saya persiapkan sebelum traveling keluar negeri. Maklum ini pengalaman pertama saya dan rute terjauh yang saya tempuh. Sekalipun menggunakan jasa agent travel yang menjamin kebutuhan kita, tetap saja kebutuhan pribadi diri kita adalah sesuatu yang harus kita persipkan sendiri dengan matang. Keliatan kecil dan simple kan barang-barang yang saya sebutkan tadi. Tapi kalau tidak dipersiapkan, tetap akan merugikan untuk saya sendiri.
Oiya apakah kamu juga punya barang-barang atau kebutuhan pribadi yang wajib dibawa?
Yuk berbagi cerita di bawah… Aku tunggu ya…


Fitra juwita
Memastikan bahwa kalian mengenal aku melalui tulisan dan sebaliknya.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email